Pengujian Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Mikroskil Terhadap Layanan Portal Akademik Menggunakan Metode Servqual

Syanti Irviantina, Teofilus Kevin Baskara, Budi Kurniawan, William Candra Mendrofa, Frans Mikael Sinaga

Abstract


Portal akademik Universitas Mikroskil (MIKA) merupakan sistem utama yang digunakan civitas akademika Universitas Mikoskil untuk memenuhi layanan informasi akademik melalui web browser. Seiring perkembangan teknologi, pemenuhan standar kualitas layanan website di sebuah institusi pendidikan sangat diperlukan. Dimana hal itu menuntut institusi pendidikan khususnya Universitas Mikroskil untuk memperhatikan kualitas layanan portal akademiknya. Namun, pada penerapan MIKA sendiri masih terdapat beberapa kendala sehingga berpengaruh dengan tujuan yang ingin dicapai, seperti kepuasan pengguna layanan. Untuk itu penting dilakukan analisis kualitas layanan portal akademik yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dengan menggunakan berbagai metode salah satunya adalah metode Servqual yang meliputi dimensi Tangibles, Reliability, Responsibility, Assurance, dan Empathy. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden.  Hasil yang didapatkan pada setiap dimensi menunjukkan bahwa hanya dimensi Tangibles yang sudah memenuhi harapan pengguna, dengan nilai gap positif (+) sebesar 0,036 pada keseluruhan atributnya, sedangkan dimensi lainnya memiliki nilai gap negatif (-) yang berarti belum memenuhi harapan pengguna. Dan berdasarkan pengolahan data gap Servqual diperoleh nilai rata-rata gap keseluruhan dimensi adalah nilai -0,020, artinya kualitas layanan terhadap portal akademik MIKA Mikroskil secara keseluruhan belum memenuhi harapan pengguna.


Keywords


MIKA; Kualitas Layanan; Kepuasan Mahasiswa; Metode Servqual

Full Text:

PDF

References


A. Jirwanto, A. Manihuruk, S. Irviantina and F. Felix, "Analisis Kepuasan Pemanfaatan Portal Akademik Mika Mikroskil Oleh Mahasiswa dengan Metode End User Computing Satisfaction," Jurnal SIFO Mikroskil, vol. 23, no. No 1, pp. 17-30, April 2022.

Y. Septiani, E. Arribe and R. Diansyah, "ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru)," JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, vol. 3, pp. 131-143, 2020.

R. R. M. Salim, Y. M. Saragih and A. D. Ratnasari, "Analisis Usability Portal Akademik Mika Dengan Use Questionnaire," Paradigma, vol. 24, pp. 7-13, 2022.

R. D. Parashakti, R. Anggraini and Y. , "PENGARUH KUALITAS LAYANAN (SERVICE QUALITY) TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA KELAS KARYAWAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS MERCU BUANA," Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, vol. 3, pp. 1-11, 2017.

N. SETIAWAN, "Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional," 25 Mei 2005. [Online]. Available: https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/teknik_sampling1.pdf. [Accessed 25 Agustus 2022].

A. S, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

O. C. SYARDHI, "ANALISIS KUALITAS PELAYANAN WEBSITE AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DENGAN INTERGRASI METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS," 2020. [Online]. Available: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27975. [Accessed 31 Maret 2022].




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i2.897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.