Penerapan Quality Evaluation Framework (QEF) Untuk Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis Pada Usaha Mikro Daun Mas

Elly Elly, Handoko Handoko

Abstract


Usaha mikro dalam industri percetakan yang dijalankan oleh Perusahaan Daun Mas sejak 1995 memiliki proses bisnis konvensional yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, sehingga beberapa proses bisnis yang ada di dalamnya tidak banyak mengalami perubahan seiring dengan perkembangan saat ini. Namun di masa yang semakin maju ini, timbul kekhawatiran dari pemilik perusahaan akan kualitas proses bisnis yang selama ini telah dilakukan apakah efektif dan efisien dalam menghadapi pesaing yang saat ini telah beralih ke percetakan digital. Proses bisnis Daun Mas secara garis besar diperoleh dari pelanggan lama yang memang merupakan rekan kerja sama jangka panjang, untuk pengadaan bahan baku juga telah ada supplier yang selama ini memasok bahan baku serta sudah ada juga pihak service center yang melakukan pemeliharaan mesin offset yang digunakan. Ketergantungan pada pelanggan lama dan juga supplier lama menyebabkan munculnya kekhawatiran dari pemilik Daun Mas akan kualitas proses bisnis yang selama ini dijalankan. Penelitian ini dimulai dari tahap mengidentifikasi proses bisnis utama pada Daun Mas, memodelkan proses bisnis dengan Business Process Model and Notation (BPMN), menentukan quality factor beserta target perusahaan dengan metode Quality Evaluation Framework (QEF), lalu melakukan Root Cause Analysis dengan Fishbone Diagram. Hasil dari penelitian ini adalah penyebab dan akar permasalahan yang terjadi pada aktivitas atau proses sistem bisnis yang telah dievaluasi.


Keywords


Proses Bisnis; QEF; BPMN; Root Cause Analysis; Fishbone Diagram

Full Text:

PDF

References


I. Athia, S. Rahayu, and S. A. Anwar, “Upaya Adaptif Bisnis Keluarga Dalam Mempertahankan Usahanya Di Era Pandemi Covid-19,†Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, vol. 17, no. 3, pp. 238–250, 2021, [Online]. Available: http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK

K. D. Febriyanti, F. Samopa, and R. Ambarwati, “Strategic Planning for IS/IT of XYZ Internet Service Provider Using Ward and Peppard Method,†in The 1st International Conference on Business and Menagement of Technology (IConBMT), Aug. 2019, pp. 473–479.

R. W. Rahmani, A. Rachmadi, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Proses Bisnis Pada PT Merdeka Grafika Indonesia Menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Quality Evaluation Framework (QEF),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 7434–7443, Aug. 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

H. S. Wijayanto, A. Rachmadi, and N. Y. Setiawan, “Evaluasi dan Pemodelan Proses Bisnis menggunakan Business Process Management Notation (BPMN) dan Quality Evaluation Framework (QEF) pada KITATATA,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 8367–8376, Sep. 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

G. Amalul ’alam, I. Aknuranda, and A. Rachmadi, “Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) (Studi Kasus: Percetakan Mabes Printing),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 621–627, Jan. 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

F. Heidari and P. Loucopoulos, “Quality evaluation framework (QEF): Modeling and evaluating quality of business processes,†International Journal of Accounting Information Systems, vol. 15, no. 3, pp. 193–223, Sep. 2014, doi: 10.1016/j.accinf.2013.09.002.

M. R. Fauzan, N. Y. Setiawan, and A. Rachmadi, “Analisis Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Quality Evaluation Factor (QEF) dan Root Cause Analysis (RCA) pada Baraya Cargo,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, pp. 4363–4368, Sep. 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

W. Kumara, A. Rachmadi, and N. Y. Setiawan, “Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus: Bali Kencana Bakery),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 7779–7785, Aug. 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. Fiki Rifkiana, F. Zulfan Ishomi, and H. Daffa Ramadhan, “Business Process Evaluation & Improvement Using the Quality Evaluation Framework Approach Restaurant Management During a Pandemic,†Journal of Advances in Information Systems and Technology, vol. 3, no. 2, pp. 75–81, Oct. 2021.

L. C. Sakti, A. Rachmadi, and R. I. Rokhmawati, “Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus: CV. Mulyo Tani Makmur),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 12, pp. 1500–1507, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

I. Rumaysha, A. Rachmadi, and N. Y. Setiawan, “Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus : UD Honda II Kepanjen AHASS 06641),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 12, pp. 1485–1492, Dec. 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

N. A. Siswanto, A. Rachmadi, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus Bidang Akreditasi Dan Aim Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 6535–6541, Dec. 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

Elly and Handoko, “Perencanaan Strategis SI UMKM Kalangan Millennial Terrarium pada Cacti Life dengan Ward and Peppard,†Jurnal SIFO Mikroskil, vol. 23, no. 2, pp. 121–134, Oct. 2022.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v24i1.940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.