Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian,Penjualan Dan Persediaan Pada PT.Mitra Berjaya Sejahtera

Amanda Novita Soesetyo, Marcella Corry Meela Tangkas, Culita -, Nuraina -

Abstract


PT. Mitra Berjaya Sejahtera merupakan sebuah perusahaan yang menjual produk olahan kayu berbentuk papan yang bersusun dari beberapa lapis kayu(Plywood) di kota Medan. PT.Mitra Berjaya Sejahtera masih memiliki kekurangan, yaitu transaksi penjualan, pembelian, persediaan yang dimana masih dicatat secara manual dengan kombinasi pengunaan kertas dan komputer sehingga memunculkan beberapa masalah, yaitu kesulitan memantau stok secara realtime, data transaksi mudah tercecer, terjadinya penumpukan barang dan sulit mencari ulang informasi pembelian, penjualan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendukung operasional penjualan, pembelian, dan persediaan pada PT.Mitra Berjaya Sejahtera. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan, yaitu System Development Life Cycle (SDLC). Pada penulisan ini, penulis hanya melakukan sampai tahap perancangan karena keterbatasan waktu dan kendala operasional perusahaan saat ini. Perancangan sistem ini menggunakan aplikasi Figma untuk merancang masukan, aplikasi Cystal Report untuk merancang keluaran, dan aplikasi Microsoft SQL Server 2018 untuk merancang basis data.


Keywords


SDLC; sistem informasi; pembelian; penjualan; persediaan

Full Text:

PDF

References


M. W. D. and C. , "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan, Pembelian dan Persediaan Sepeda dan Sparepart," vol. 21, no. 2, 2020.

P. Wardana, A. E. Nugraha and D. Herwanto, "Perancangan Sistem Informasi Inventori Berbasi Web PT. Indotaise Karawang," INTECOMS, vol. 4, no. 2, pp. 155-168, 2021.

D. F. Saefudin and Y. Komalasari, "Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang pada PT. Bina San Prima," Jurnal Teknologi dan Open Source, vol. 3, no. 2, pp. 158-175, 2020.

S. Nurfi, "Sistem Informasi Inventori Barang pada CV. Putra Karya Baja Dengan Metode Waterfall," Bina Insansi ICT Journal, vol. 7, no. 2, pp. 145-155, 2020.

C. Chandra, O. Oetomo, F. Halim and S. H. Marpaung, "Pengembangan Sistem Informasi pada PT. Alumina," Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 102-103, 2019.

R. F. Ahmad and N. Hasti, "Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web," Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 67-72, 2018.

M. D. and C. , "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian TBS Pada PT. Tri Bahtera Srikandi," Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 70-81, 2021.

K. R. Karongkong, V. Ilat and V. Z. Tirayoh, "Penerapan Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada UD. Muda-Mudi Tolitoli," Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, vol. 3, no. 2, p. 2018, 46-56.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v24i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.