Pengembangan Aplikasi Point of Sales Berbasis Mobile dan Web pada Browenz Coffee

Farhan Ismul Afriza, Rizky Kurniawan Pakpahan, Gunawan Gunawan, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Browenz Coffee merupakan kedai minuman di kota Medan yang menjual beberapa jenis minuman dengan bahan utama kopi. Saat ini, Browenz Coffee melakukan pencatatan dan pelaporan transaksi penjualan yang dilakukan secara konvensional dan belum menggunakan sistem terkomputerisasi. Hal ini menyebabkan kesulitan ketika mencari data yang dibutuhkan, serta kekurangan stok bahan baku dikarenakan laporan stok tidak tersedia. Dengan kondisi tersebut, mengakibatkan waktu yang digunakan untuk mengerjakan dan memperoleh laporan tidak efisien dan memungkinkan terjadinya kesalahan perhitungan sehingga laporan tidak akurat. Salah satu sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada yaitu aplikasi Point of Sales (POS). Aplikasi POS dikembangkan dengan metode pengembangan perangkat lunak model Waterfall menggunakan aplikasi Figma dan Draw.io untuk perancangan tampilan dan basis data, Flutter melalui Android Studio, dan Laravel melalui Visual Studio Code untuk pembuatan kode program, serta PostgreSQL untuk penyimpanan data. Setelah selesai dikembangkan, dilakukan pengujian aplikasi dengan metode black box testing oleh salah satu owner Browenz Coffee. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi POS yang dikembangkan sesuai dengan rancangan dan kebutuhan pemilik kafe serta mampu membantu pencatatan pesanan dan transaksi penjualan, dan pengelolaan stok bahan baku, serta menghasilkan laporan penjualan dan stok.


Keywords


Point of Sales, Waterfall, Black Box Testing, Penjualan, Stok

Full Text:

PDF

References


R. Rachman, “Pengembangan Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web (Studi Kasus: CV. Irian Motor),” 2021.

M. Adani Robith, “Point Of Sales: Pengertian, Contoh, Manfaat, Dan Cara Kerja,” 12 Agustus 2021. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/point-of-sales/ (diakses 28 Oktober 2022).

H. Oktarina dan J. Fitra, “Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale (POS) Studi Kasus Mini Market Trustmart,” 2021.

K. Nistrina dan A. Rahmania, “Sistem Informasi Point Of Sale Berbasis Website Studi Kasus: PT Barokah Kreasi Solusindo (Artpedia),” 2021.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, “Hasil Pencarian - KKBI Daring,” 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/aplikasi (diakses 26 Oktober 2022).

S. Servacius, “Aplikasi Pengenalan Dan Pembelajaran Tentang Komputer Berbasis Android,” STMIK PALANGKARAYA, 2021.

S. Pane Fachri, M. Zamzam, dan M. F. Diar, Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

S. Atmanegara, “Pengembangan Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan Berbasis Website Di SMK Piri 2 Yogyakarta,” 2019.

E. Puspita Sari dan A. Wahyuni, “Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web,” IJSE-Indonesian J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, hal. 87–94, 2019.

N. Palasara, D. A. Anggraeni, dan M. Qomaruddin, “Implementasi Website Penilaian Kinerja Paramedis pada Rumah Sakit,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 3, hal. 469, Jun 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i3.2168.

N. Hidayati, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” 2019.

E. I. Elnusa, “Sistem Repository Karya Ilmiah Pada Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Aisyiyah Riau,” 2018.

S. Akmal, “Analisis Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning Pada PT Kawasan Berikat Nusantara Unit Marunda (Persero) Menggunakan Metode RCA (Root Cause Analysis),” 2021.

D. A. Simanjuntak, I. Y. Solin, dan M. B. S. Sirait, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Metodologi RUP (Rational Unified Process),” 2021.

A. Arifta Arwaz, K. Putra, R. Putra, T. Kusumawijaya, dan A. Saifudin, “Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Pemenang Tender Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” vol. 2, no. 4, hal. 2654–4229, 2019.

G. Herlambang dan W. Angga, “Pengembangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Web dan Mobile (Studi Kasus: PT. Dengan Karya Melayani),” 2022.

S. Rezeki, C. Nursari, dan Y. Immanuel, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online,” Technol. Accept. Model, vol. 8, hal. 107–116, 2017.

M. Hasanudin, “Rancang Dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web (Studi Kasus PT. Nusantara Sejahtera Raya),” 2018.

F. Zulkipli, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Dan Layanan Pesan Antar Berbasis Web Pada Toko Anugrah Battery,” 2021.

M. Ferdika, H. Kuswara, N. Mandiri Jakarta, J. Damai No, dan W. Jati Barat Jakarta Selatan, “Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Jakarta,” vol. 1, no. 2, hal. 39843007, 2017.

A. S. T. Mahzura, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Penjualan Pada Burger Sei Putih Kota Medan,” 2020.

L. Zaitunnisaa dan R. Wahyuni Arifin, “Sistem Informasi Point Of Sales Berbasis Web Pada Toko Usaha Mandiri,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 5, no. 2, hal. 141–150, 2021.

D. E. Saputra, “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Perlengkapan Balita pada UD. Matahari Jaya Malang,” 2013.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v24i2.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.